Tuesday 13 March 2007

Beda persepsi

Komentar atas komentar-komentar terhadap Ibu, Anak adalah Titipan Allah.

Seringkali manusia berbeda persepsi, tapi memang pengalaman hidup yang akan lebih banyak mengajarkan makna suatu hal...
Memang berbicara tidak akan pernah menyelesaikan masalah, tapi kalau saja ada pendekatan kepada pendidikan, kepada keimanan (apapun latar belakang imannya)...maka tidak akan banyak masalah seperti ini.

Ini baru puncak tipis dari gunung es, kalau berbicara tentang TKW maka akan lebih miris lagi! Selain yang teraniaya tanpa pembelaan, maka masih ada juga kebodohan massal lainnya...Misalnya TKW yang pulang setelah 5 tahun di Malaysia tanpa membawa apa-apa karena semua hartanya dipegang suami yang orang Malaysia. Sementara sang suami tidak ikut ke Indonesia, entah bagaimana perempuan ini bisa memperoleh kembali hartanya kalau biaya kembali ke Malaysia pun ia tak punya!

Berbuat yang tertepat menurut aku adalah pendidikan (ilmu dan iman), karena toh berteriak-teriak kepada pemerintah juga tidak berguna kalau tidak ada perubahan mentalitas bangsa. Perubahan pemerintahan yang tidak disertai perubahan mentalitas manusianya hanya akan mengulang lingkaran setan yang sama. Dana seberapa besarnya pun tidak akan mencukupi kalau bocor...BOS saja terselewengkan! Jadi berbuat yang terbaik sekarang ini adalah memberi contoh perbuatan baik kepada generasi muda. Generasi instan ini tampaknya lebih manja, lebih menuntut hidup enak dan mudah...tampaknya...dalamnya laut siapa yang menduga! Dengan ucapan dan perbuatan barulah iman itu hidup!

No comments: