Saturday, 14 June 2008

Nakula Sadewa: Ngumpul yuuk…

My Twins

Sabtu, 14-06-2008 17:20:04 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Peristiwa

Akhir bulan ini, 29 Juni 2008 ini akan ada kumpul bareng para kembar yang bernaung di bawah bendera Nakula Sadewa di JACC Tanah Abang.

Lomba-lomba yang akan diadakan:

1. Lomba kembar balita sehat (0-5 tahun)

2. Lomba nyanyi si kembar (kategori Balita, Remaja, Dewasa)

3. Lomba lipsing mirip bintang

4. Lomba kembar identik

5. Lomba kembar unik

6. Lomba mewarnai (3 - 12 tahun)

Untuk keterangan lebih lanjut bisa melihat langsung di website yayasan Nakula Sadewa.

Dalam kata pengantar dari kak Seto Mulyadi di website tersebut, bisa kita ketahui bahwa yayasan, yang menggunakan nama dari si kembar bungsu dalam Pandawa lima ini, bertujuan untuk membuat wadah bagi para kembar serta memberikan bantuan bagi orang tua kembar yang membutuhkannya.

Uniknya Yayasan yang mewadahi anak-anak kembar ini berdiri pada tanggal 22 Februari 1984 di jalan Pati Unus no. 22 dan diresmikan pada pukul 22.22. Hmm...angka kembar duanya banyak sekali ya!

Anak kembar saya sendiri bersekolah di KB/TK Mutiara Indonesia, dimana kak Seto juga ikut serta mendirikannya. Yang unik, uang pangkal untuk masuk sekolah bagi anak kembar di sekolah ini cukup satu saja. Sebuah bantuan yang nyata terasa manfaatnya!

Kumpul-kumpul dengan sesama komunitas orang tua dari anak kembar, maupun anak-anak kembar itu sendiri sangat menarik. Selain acara lomba katanya akan ada juga "Talk Show" dengan tema "Kiat Mengasuh Anak Kembar".

Anak kembar saya pernah ikut lomba ketika masih kecil, tapi waktu itu mereka belum bisa bergaya di panggung. Mereka masih sangat tergantung pada ibu dan pengasuh. Khusus untuk acara lomba waktu itu, saya meminjam asisten Rumah Tangga dari ibu saya supaya saya sendiri bisa memotret dan sedikit ngobrol dengan peserta atau orang tua peserta. Kalau saya saja dengan anak kembar dua dan seorang kakak mereka sudah merasa repot, bisa terbayang kalau punya anak kembar lima seperti yang pernah saya temui lomba Nakula Sadewa waktu itu.

My twins, their nannies, and the founder of Nakula Sadewa; Kak Seto and Kak Kresna


Pernah juga kami mengikuti acara TV Ceriwis pada episode khusus bagi anak-anak kembar, karena anak saya masih kecil maka saya mendampingi mereka. Rasanya unik juga melihat banyak orang yang berseliweran dengan duplikatnya. Anak kembar saya sekarang agak berbeda, yang satu agak besar, yang satu lagi lebih kecil. Padahal menurut dokter yang merawat kehamilan dan yang membantu kelahiran anak-anak saya, mereka termasuk kembar identik.

Pertanyaan yang sering saya tanyakan pada kembar-kembar remaja yang saya temui biasanya :"Kalian akur nggak?", karena anak-anak saya seringkali lebih sering bertengkar daripada akur. Rupanya anak kembar juga bisa iri-irian dan cek-cok...

Sayang sekali tidak banyak buku yang mengulas perkembangan psikologis anak kembar sejak usia balita, remaja dan dewasa. Mungkin ajang kumpul seperti lomba ini, bisa membantu memberikan masukan tentang anak-anak kembar dan bagaimana mengoptimalkan perkembangan mereka masing-masing sebagai individu yang unik!

Tertarik untuk ikut lomba? Atau sekedar ingin kumpul dan bertemu sesama kembar atau orang tua dari anak kembar? Ikutan yuuuk!

3 comments:

john cole said...

Your boys are distinguished young gentlemen who'll make great contributions to our world

m said...

waaaaa.... your twins are adorable... agree with the commentator above, with a mother like you, your boys are great assets to this world!

Anonymous said...

Gemez banget fotonya kak Retty... klo kembarannya Seto Mulyadi itu profesinya sebagai apa ya? Katanya klo anak kembar itu justru untuk berkembang maksimal apa2 ga boleh disamain (tetapi malah mereka yang sering minta sama)...;D

Salam,
Inge