Tuesday, 24 June 2008

Tua dan Muda Suka Berkunjung ke Pasar Modern BSD.

Kamis, 19-06-2008 16:50:11 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Layanan Publik

Ini kisah dari Pasar Modern di BSD. Saya menyaksikan pasar ini bertumbuh dari pasar tradisional menjadi pasar modern seperti sekarang ini. Sama seperti biasanya pasar tradisional lainnya, maka pasar yang lama juga sedikit becek walaupun tidak sedang hujan. Kemudian Pasar Modern dibangun dan pedagang-pedagang pasar lama harus pindah ke gedung baru ini.


Waktu awal pembangunan, cukup banyak juga gerutuan karena harga lapak dan kios termasuk tinggi untuk hitungan para pedagang di pasar lama. Tapi ternyata cukup banyak wajah pedagang lama yang muncul lagi di Pasar Modern. Entah memiliki sendiri tempatnya atau sekedar menyewa tempat, tapi tidak sedikit yang justru lebih besar meraup untung di Pasar Modern ini.

Hal itu bisa terjadi karena omzet mereka mungkin menjadi lebih tinggi. Cukup banyak orang yang biasanya lebih senang ke supermarket beralih berbelanja ke Pasar Modern. Banyak suami-suami yang tidak berkeberatan mengantar istri mereka berbelanja di Pasar Modern karena banyak tempat jajanan yang cukup menyenangkan buat tempat nongkrong mereka selama menunggu. Dengar-dengar banyak juga aktivitas sosial yang terlaksana berbekal bibit obrolan di pasar itu.

Bukan hanya orang tua yang senang ke pasar, anak-anak juga cukup senang berkunjung ke pasar. Mereka terkadang datang bersama sekolah dan guru-gurunya, tapi tidak jarang juga berkunjung bersama orang tua mereka.

Keunggulan pasar ini terutama karena kebersihan yang cukup dijaga. Sepertinya tidak perlu menunggu ada sidak ( lihat juga artikel http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=3958) , pasar secara teratur dibersihkan.

Memang harganya sedikit lebih mahal daripada pasar tradisional di Jakarta, tapi cukup bersaing bila dibandingkan dengan harga supermarket. Terkadang harga dari pedagang sayur yang lewat di kompleks kami juga sedikit lebih mahal daripada harga di pasar modern. Hubungan langganan dengan pedagang bisa juga menghasilkan harga yang adil tanpa perlu bersilat lidah. Terkadang, bisa juga memesan lewat sms sebelum datang mengambil pesanan tersebut. Kenyamanan berbelanja di pasar ini juga didukung dengan disediakannya keranjang belanja (dorong) yang bisa mengurangi berat yang perlu dipikul atau dijinjing selama berbelanja. Tukang ojek dengan seragam khusus juga siap mengantar anda sehabis berbelanja, servis mereka termasuk bantuan mereka untuk mengangkatkan barang belanjaan ke motor mereka.

Bagian dalam pasar tidak buka sepanjang hari. Biasanya sehabis tengah hari sudah banyak pedagang yang tutup. Yang tersisa adalah toko-toko dan rumah makan yang siap melayani pengunjung, sementara petugas kebersihan membersihkan pasar dan pedagang merapihkan dagangan mereka. Pada sore hari kegiatan di areal pasar ini akan bertambah dengan tenda-tenda kaki lima yang berdiri di lahan parkir pasar. Cukup banyak penggemar makanan yang menyambangi pasar ini. Terbukti dari komentar di artikel Serabi Solo Notosuman, Mana yang Asli? (http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=7378), beberapa kontributor wikimu dengan bangga ikut memperkenalkan bahwa makanan khas Solo ini ada di Pasar Modern BSD.

Ada juga beberapa tempat kursus dan kantor pemasaran agen properti atau agen perjalanan yang mengambil tempat di Pasar Modern. Tidak ketinggalan juga adalah kehadiran Bank. Yang terakhir ini memang penting bagi para pedagang pasar dan juga mempersingkat perjalanan ibu-ibu yang seringkali harus berbelanja sekaligus mengurus beberapa urusan di Bank.

Tidak heran kalau Pasar Modern BSD menarik minat para konsumen dari luar wilayah BSD sendiri. Cukup banyak pengunjung yang berasal dari daerah-daerah perumahan di luar BSD yang datang berkunjung. Bagaimana, anda berminat berkunjung?



Link: selain yang di atas, juga http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=9051

2 comments:

john cole said...

I'll have some fruit. Please kindly pick me out a couple of each kind, well ripened. Yum yum, thank you.

Anonymous said...

mmm kebanyakan di BSD keluarga muda-muda yah...