Wednesday 15 October 2008

Petugas yang Berjasa di balik Kenyamanan Perjalanan

Kamis, 02-10-2008 13:07:21 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Suara Konsumen

Satu hal yang khas Indonesia adalah acara mudik Lebaran yang dimanfaatkan oleh berbagai macam masyarakat, bukan sekedar oleh umat beragama Islam. Kemeriahan dan kemacetan mudik bersama ini kemudian menjadi perhatian para produsen. Dari mereka yang menyiapkan transportasi mudik bersama, sampai mereka yang menyediakan posko di sepanjang jalan yang dilalui pemudik.

Kesempatan libur lebaran memang lebih meriah daripada libur kenaikan kelas. Walaupun waktu libur lebih lama pada saat libur sekolah bulan Juni, tetapi biasanya kesibukan orang tua lebih bisa diatur pada saat libur lebaran. Keberadaan cuti bersama biasanya membuat waktu yang teralokasi di sekitar hari raya Idul Fitri lebih longgar.

Pada hari raya Idul Fitri saya bersama keluarga berlibur ke Cisarua, Puncak. Karena sudah lama menjanjikan pada anak-anak untuk mengunjungi Museum Dinosaurus, maka kamipun berkunjung kesana.

Tidak dinyana disana ada Pos Jaga Toyota. Lumayan juga untuk menyapa petugas yang sedang bertugas disana. Menurut pak Dian, seorang teknisi yang saya temui sedang bertugas, mereka bertugas bergantian. Satu shift bertugas selama delapan jam, sementara kepala regu atau leader mereka mendapat jatah bertugas selama dua belas jam. Mereka sendiri sebenarnya merayakan hari raya Idul Fitri tapi demi kepuasan pelanggan Toyota mereka rela masuk bertugas. Pos jaga ini buka selama dua puluh empat jam dari tanggal 26 September sampai 6 Oktober 2008 untuk masa libur Lebaran, dan akan buka lagi sejak tanggal 24 Desember sampai tanggal 1 Januari untuk masa libur Natal dan Tahun Baru. Bila tahun-tahun sebelumnya biaya di posko ini mendapat diskon sebesar 50%, maka tahun ini diskon yang diberikan hanya 25%. Tapi tetap saja pelayanan mereka memberikan perasaan aman berkendaraan jarak jauh, apalagi di jalur Jakarta-Puncak saja ada tiga posko Toyota, belum lagi posko-posko kendaraan dari kendaraan dengan merek berbeda.

Selain pelayanan bagi mobil, rupanya Posko juga menyediakan pelayanan bagi pengemudi dan penumpang mobil, bekerja sama dengan Unilever yang menyediakan teh Sari Wangi gratis atau kesempatan membeli minuman Buavita. Sarana lain untuk bersantai adalah alat pijat dari Advance. Ada tiga macam alat yang tersedia: alat pijat mata, alat pijat refleksi untuk kaki, serta alat pijat untuk betis dan kaki. Sarana pijat gratis ini dibarengi layanan tayangan Indovision. Mas Bono yang menjaga tenda istirahat ini dengan ramah dan sabar memberikan petunjuk pemakaian alat pijat serta menawarkan bila kami tertarik mengganti saluran tayangan televisi. Untuk sementara waktu pemuda yang tinggalnya di Bekasi ini harus menginap di daerah Cisarua untuk bertugas.

Pegawai di Museum dan Taman bermain dan restoran Dinosaurus juga bertugas sambil sesekali menyalami kenalan yang datang berkunjung. Di jalan raya tampak polisi-polisi yang bertugas mengatur buka tutup arah naik kendaraan di jalan raya.

Begitulah, ada banyak orang yang memberikan pelayanan mereka agar perjalanan mudik maupun liburan selama liburan Idul Fitri tahun ini bisa berlangsung dengan nyaman. Terima kasih atas pelayanan dan keramahan para petugas ini!

No comments: