Wednesday 12 March 2008

Kejutan Tahun Kabisat Dari Speedy

Hari ini, tanggal 29 Februari 2008, tiba-tiba Speedy di komputerku bagai tidak berfungsi. Kebiasaan saya membuka internet memang pertama-tama memeriksa kiriman surat melalui Yahoo! atau Gmail. Kemudian saya mencoba masuk ke portal jurnalisme warga Wikimu.com, tidak bisa juga! Saya baru saja hendak menelpon ke Telkom ketika ternyata secara tidak sengaja mengklik detiknet.com. Ternyata bisa masuk!

Sejenak saya kebingungan, takut terkena virus ajaib, maklum hari ini tanggal istimewa. Tanggal 29 Februari hanya bisa ditemui pada tahun kabisat, siapa tahu ada lagi virus iseng yang spesial bekerja pada hari ini. Sebagai orang gaptek, virus komputer merupakan musuh besar yang sangat menyebalkan!

Saya coba masuk ke berbagai situs yang biasa saya buka, aneh...sebagian bisa terkoneksi dengan baik, sebagian besar tidak bisa. Akhirnya saya coba telpon ke markas Wikimu, ketemu dengan bung Admin yang baik hati dan tidak tertinggal berita teranyar. Dia langsung menembak:
"Oh, kamu pakai Speedy ya?"
"Lho, memang kenapa pakai speedy? Wikimu bisa diakses tidak?" tanya saya.
"Bisa, tapi tidak lewat Speedy karena mereka (Speedy) ada gangguan ke jalur internasional. Entah kenapa Wikimu oleh Speedy masuk ke dalam jalur internasional.Kalau menggunakan provider lain, tidak ada masalah mengakses wikimu hari ini"
"O..o...begitu!"

Setelah itu baru saya coba browsing lagi, termasuk balik lagi ke detiknet.com yang ternyata menyiarkan masalah gangguan sambungan internasional pada Speedy ini. Ternyata jaringan serat optik ada yang putus karena pekerjaan jembatan di Sumatera. Untunglah, sedikit lebih lega karena kerusakan bukan pada komputer saya! Kalau dari berita di detik.com dikatakan kemungkinan bisa tersambung kembali setelah tiga jam (berdasarkan wawancara pukul tujuh pagi), maka sampai lewat jam satu siang ini saya belum juga bisa mengakses wikimu lewat komputerku.

Kejutan tahun kabisat ini cukup mengejutkan, semoga sakitnya Speedy tidak lama-lama, rasanya susah juga kalau harus puasa internet kelamaan...

Jumat, 29-02-2008 14:39:24 oleh: Retty N. Hakim
Kanal: Suara Konsumen

No comments: